Analisis Hubungan Kecerdasan Intelektual Dan Spiritual Dengan Hasil Belajar Aqidah Ahlak Peserta Didik di Maderasah

Authors

  • Aini Nur Ma'rifah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram

Keywords:

Kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, hasil belajar

Abstract

This study aims to describe and explain Relationship of intellectual intelligence with learning outcomes Aqidah Ahlak learners MA Al-Mubarok, Relationship of spiritual intelligence with learning outcomes Aqidah ahlak students MA Al-Mubarok, the relationship of intellectual and spiritual intelligence together with learning outcomes Aqidah Ahlak students MA Al-Mubarok. This study uses a quantitative approach.Population of 220 students and 44 samples with random sampling technique. The research data collected using questionnaires and documents. Tehknis data analysis of this study using multiple linear regression. The results of this study are (1) There is a relationship of intellectual intelligence with learning outcomes Aqidah Akhlak learners MA Al-Mubarok this is based on result (thitung > ttabel yaitu 2.573> 2.020 with significan to 0,014 di mana < 0,050,014 where  < 0,05. (2) There is a relationship of spiritual intelligence with learning outcomes Aqidah Akhlak Students MA Al-Mubarok this is based on result thitung ˃ ttabel yaitu 2.571 lebih besar dari ttabel 2.020  dengan signifikan sebesar 0,014 di mana < 0,05.(3) There is a relationship between intellectual and spiritual intelligence with the results of learning Aqidah Akhlak together with the learning outcomes Aqidah Ahlak students MA Al-Mubarok this is based on result signifikansi Fhitung˃Ftabel yaitu 11.847 lebih besar dari F tabel  0,323 dengan Sig Uji F: 0,000< 0,05 this shows acceptance to hypothesis there is positive relation which significant of intellectual intelligence and spiritual intelligence together with result of learning of Al-Mubarok’s student moral behavior

References

Abdul Azis Wahab, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2008.

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam Jakarta: Kencana, 2014

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emotional Dan Spiritual, (ESQ). Jakarta: Arga Wijaya Persada.2001.

Boediono., & Koster, W. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Gramedia Pustaka, 2013.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008, cet. Ke-IV.

Depdikbud.Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedeoman Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, 2000.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan pembelajaran, Jakarta: PT.Rinika cipta, 2009.

Djamaluddin Ancok, Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem PsikologiYogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.

Eelina Siregar Dan Hartini Nara, Teori Belajar Dan Pembelajaran Bogor : Ghalia Indonesia, 2014

Eveline Siregar Dan Hartini Nara, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Hadari Nawawi, Pengaruh Hubungan Manusia dikalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di SD, Jakarta: Analisa Pendidikan, 1981.

Hammond, Jeff, Kepemimpinan Yang Sukses Jakarta: Yayasan MediaBuana Indonesia, 2002.

Hlen, Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Imam al-Ghozali, keajaiban hati, Jakarta: PT. Tinta Mas Indonesia.

Ismatu Ropi, Fuad Jabali dkk, Pendidikan Agama Islam Di SMP Dan SMA, Jakarta: Kencana Predana, 2012.

J.P.Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan Kartini Kartono, Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2008

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya Jakarta

Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif ,Bandung: PT. Remaja, 2005.

M. Agus Salim.Hubungan kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SMP Muhamadiyah 1 Metro.Tesis,Metro: IAIN Metro,2016.

M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 2000.

M.Aziz Firdaus, Metode Penelitian,Tanggerang: Jelajah Nusa, 2012.

M.Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2015.

Morgan Mc.Call & Michael Lombardo, “Off the track: Why and How Succesfull Executive Get Gerailed.” Dalam, Triantoro Safaria, Kepemimpinan Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

Muchtar, (2006), Korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar, Tesis, Semarang: IAIN Walisongo.

Muhamad Ansyar. Krikulum Hakikat: Fondasi, Desain dan Pengembangan, Jakarta:kencana, 2015.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali pers.

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2004.

Robert E. Slavin. Psikologi Pendidikan: Teori Dan Praktik.Jakarta: Indeks. 2011.

Saifuddin Azwar, Pengantar Psikologi Inteligensi Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2013.

Samsunuwiyati Mar’at, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya,2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta,2015.

------------Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek Rineka Cipta, Jakarta,2013.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,1998.

Syaiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional,2004.

Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cipta, 2014.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Toto Tasmara, Kecerdasan Ruhaniah, (Trasendental Intelegence), Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional dan Berakhlak Jakarta: Gema Insani, 2001

Ulfah Rahmawati, Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri (studi terhadap kegiatan keagamaan dirumah tahfidzu deresan putri Yogyakarta, tesis Yogyakarta: program pascasarjana universitas Islam negeri sunan kalijaga, 2013.

Undang-Undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

W.J.S. Purdamimta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1987.

Zohar,Danah dan Marshal, lan, Kecerdasan Spiritual, Bandung: Mizan, 2007.

https://maragustamsiregar.wordpress.com/2014/02/25/mengukir-manusia-berkarakter-kuat-positif-dalam-menghadapi-budaya-arus-global-perspektif-filsafat-pendidikan-islam/.AKSES, askses tanggal 25 Januari 2017

https://maragustamsiregar.wordpress.com/2014/02/25/mengukir-manusia-berkarakter-kuat-positif-dalam-menghadapi-budaya-arus-global-perspektif-filsafat-pendidikan-islam/.AKSES, askses tanggal 25 Januari 2017

https://media.neliti.com/media/publications/59775-ID-perilaku-spiritual-dan-kepuasan-kerja-ka.pdf Arrafiqur Rahman1), Makmur2) Perilaku Spiritual Dan Kepuasan Kerja Karyawan Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol.4 No.1 Januari 2015, akses tanggal 25 Januari 2018

https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_intelektual, akses tanggal 20 april 2018

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Aini Nur Ma’rifah. (2019). Analisis Hubungan Kecerdasan Intelektual Dan Spiritual Dengan Hasil Belajar Aqidah Ahlak Peserta Didik di Maderasah. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 15–34. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/4