Sumber Primer Pendidikan Islam Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Anak Generasi Penerus Bangsa

Kajian terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah tentang Pendidikan

Authors

  • Bunayar STIT Al Mubarok Lampung Tengah
  • M Choirul Muzaini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Anis Mahmudah3 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sutrisno Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58577/dimar.v4i1.79

Keywords:

Al-Qur’an, Islamic Education, Morals

Abstract

The highest authority in Islam is the Qu’an. It is the beginning of faith, worship, morality and principles. One thing that should be taught to children is that the entire Qur'an is a guide for human life. The verses of the Qur'an and related sources can be a gateway for children to other Islamic educational tools, especially for passion  and  deepening  of  religious  knowledge  to  develop  healthy morals in accordance with Islamic law. Learning is seen as a lifelong learning process. Al-Qur'an teaching plays an important role in the formation of children's morals by providing guidance, lifelong learning and guidance on the formation of morals from an early age. Al- Qur'an and education play a role here, namely forming morals that are in accordance with the nation's civilization and developing the ability to educate people's lives. Islamic education is also a formal institution that organizes education based on the Qur'an with the aim of forming children's morals.

References

Anhar Firdaus, Ali Maulida, and Muhammad Sarbini, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di Sdn Cibereum 4 Bogor Selatan,” Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam Volume 1, Nomor 1, Desember, 2018.

Asep Saepul Milah Romli, “Pesan Alquran Tentang Akhlak (Analisis Hermeneutis Double Movement Fazlur Rahman Terhadap Q.S. al-Hujurat Ayat 11-13),” Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al Quran dan al-Hadis Volume 5, Nomor 2, Desember, 2017.

Bening Arum Amalia and Muh Bachrul Ulum, “Peran Peran TPQ Tarbiyyatul Aulad Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Dan Pembentukan Akhlak Anak,” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 2, Nomor 2, September, 2021.

Benny Prasetiya, “Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali,” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Volume 10, Nomor 2, December, 2018.

Budianto, Ahmad. “Implementasi Shalat Dhuhur Berjamaah Untuk Membentuk Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan,” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 1, Nomor 1, Januari, 2020.

Cahyati, Anggi Eka Katni. and Ariyanto, Ayok. “Model Pendidikan Akhlak Karimah Dan Life Skill Di Mi Plus Al-Islam Dagangan Madiun,” Tarbawi: Journal on Islamic Education, Volume 1, Nomor 1, April 2020.

Darojah, St. “Metode Penanaman Akhlak Dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul”, Jurnal Pendidikan Madrasah Volume 1, Nomor 2, Desember, 2016.

Dini Hariani and Ending Bahruddin, “Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sma Negeri 2 Kota Bogor”, Jurnal Mitra Pendidikan Volume 3, Nomor, 5, Mei, 2019.

Eko Setiawan, “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali,” Jurnal Kependidikan, Volume 5, Nomor 1, Mei, 2017.

Hadi Yasin, “Ayat -Ayat Akhlak Dalam Al-Quran,” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 2, Nopember, 2019.

Hardiono. “Sumber Etika Dalam Islam”, Jurnal Al-Aqidah, Volume 12, Nomor 2, Desember, 2020.

Hasanah, Elis Nur. dan Hunainah. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kisah Nabi Yusuf as Dan Implikasinya Pada Pendidikan Akhlak Di Sekolah,” Qathrunâ Volume 6, Nomor 2 (December 7, 2019): 71.

Kastolani. “Ibadah Ritual Dalam Menanamkan Akhlak Remaja”, Inject (Interdisciplinary Journal of Communication), Volume 1, Nomor 2, Desember, 2016.

Krida Salsabila dan Anis Husni Firdaus, “Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Kholil Bangkalan”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 1, Mei, 2018.

Lathifatul Izzah and Muhammad Hanip, “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri,” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 1, August, 2018.

Lutfia, Nurul Zairina “Nilai-nilai akhlak dalam al-qur’an (kajian Tafsir Surat Al-Insyirah Ayat 1-8)”. Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

M Choirul Muzaini and Nurul Fadhilah, “Strategi Contekstual Teaching and Learning pada Pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum,” Attractive: Innovative Education Journal, Volume 4, Nomor 3, Oktober 2022.

M. Imam Pamungkas, “Akhlak Muslim: Membangun Karakter Generasi Muda”, Jurnal Pendidikan UNIGA Volume 8, Nomor 1, Pebruari 2017.

Mahmud, Akilah. “Ciri dan Keistimewaan Akhlak Dalam Islam”, Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, Volume 13, Nomor 1, Juni, 2019.

Miftahul Jannah, “Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus Di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum Dan TPA Az-Zahra Desa Papuyuan)”, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Juli, 2019.

Mohammad Faizin, “Akhlak Dan Etika,” Samawa: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Volume 1, Nomor 2, Agustus, 2021.

Mohd Saiful Akmal A. Karim, Ahmad Sunawari Long, and Faudzinaim Badaruddin, “Pendidikan Akhlak Dalam Menangani Isu Gejala Sosial Pelajar [Moral Education in Addressing The Issue Of Student Sosial Sympton]”, Qalam International Journal of Islamic and Humanities Research Volume 1, Nomor 3, Agustus 2021.

Nawali, Ainna Khoiron. “Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam,” Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2, Juli, 2018.

Nira Nurani, “Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An-Nuur Tahun Ajaran 2018-2019,” Utile: Jurnal Kependidikan Volume 5, Nomor 2, 2019

Nor Hayati Fatmi Talib, Adibah Hasanah Abd Halim, and Bani Hidayat Mohd Shafie, “Tahap Pengetahuan Islam Dan Penghayatan Akhlak Pelajar Semester 1, Satu Kajian Di Politeknik Banting Selangor,” Journal of Quran Sunnah Education & Special Needs, Volume 2, Nomor 2, Desember 2018.

Nur, Afrizal “Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrîr Wa At-Tanwîr Dan Aisar At-Tafâsîr),” Jurnal An-Nur, Volume 4, Nomor 2, September, 2016.

Putra, Pristian Hadi. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0,” Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Volume 19, Nomor 2, Desemberr 2019.

Rahmat, Tatang Munawar dan Supriadi, Udin “Makna Syukur Berdasarkan Kajian Tematik Digital Al-Quran Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Akhlak Di Sekolah Dasar”, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1, (Agustus, 2019): 94.

Rosyidah, Euis. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di TPQ Al-Azam Pekanbaru,” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Volume 9, Nomor 2, 2019.

Sahnan, Ahmad. “Konsep Akhlak dalam Islam dan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam”, Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 2, Januari, 2019.

Samsul Hakim, “Kajian Aksiologi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Sejarah Perang Uhud”, Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, Vol 4. Nomor 2, Juli, 2019.

Sapirin, Adlan, and Wijaya, Candra. “Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tapanuli Tengah,” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) Volume 4, Nomor 2, January, 2019.

Sopian Sinaga, “Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Solusinya,” Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume 2, Nomor 1, September 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Syaefulloh, “Konsep Pendidikan Akhlak dalam Persefektif Al- Quran Surat Al-Luqman Ayat 12-19”, Aksioma Ad-Diniyah Volume 4, Nomor 2 Desember, 2016.

Syaifur Rohman, “Urgensi Mendongeng Dalam Membangun Budaya Membaca Pada Anak,” Dimar: Jurnal Pendidikan Islam Volume 3, Nomor 2, Juni, 2022.

Syamsul Huda, “Strategi Pembudayaan Akhlak al Karimah Bagi Siswa: Studi di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 4, Nomor 1, Agustus, 2019.

Tabroni, Imam. dan Juliani, Annisa. “Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi di Rt 64 Gang Mawar IV Purwakarta,” Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Januari, 2022.

Warasto, Hestu Nugroho. “Pembentukan Akhlak Siswa,” Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Volume 2, Nomor 1 (Juli, 2018): 65-86.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Bunayar, M Choirul Muzaini, Anis Mahmudah3, & Sutrisno. (2022). Sumber Primer Pendidikan Islam Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Anak Generasi Penerus Bangsa: Kajian terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah tentang Pendidikan. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 90–108. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i1.79