Metode Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Peserta Didik MTs. Al-Mubarok Uman Agung Bandar Mataram Lmpung Tengah
Keywords:
Metode, Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai KebangsaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran rumpun pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai kebangsaan (2) Untuk Mendeskripsikan faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan (3) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan.Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran rumpun pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan (2) Apa faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan dan (3) apa saja hambatan dalam penanaman nilai kebangsaan.Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan strategi studi kasus tunggal terpancang, sumber data dari informan atau narasumber serta dokumen dan arsip. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian metode pembelajaran rumpun pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan yaitu metode contextual and learning, ceramah, pembiasaan, uswatun khasanah dan reward and punishmen. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan nilai-nilai kebangsaan melalui rumpun pendidikan agama Islam di MTs Al Mubarok Uman Ugung adalah kurikulum, gedung, sarana kelas, pendidik, peserta didik, dinamika kelas, dan terakhir adalah keluarga. Hambatan yang timbul adalah perbedaan latar belakang peserta didik kurangnya dukungan orang tua, kurangnya kerjasama guru serta kurangnya minat dan kesadaran siswa.
References
Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen
Abd Azis Albone. Pendidikan agama islam dalam perspektif multikulturalisme. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.
Agus Iswanto. 2008. Pendidikan agama dalam perspektif kebangsaan “integrasi PAI dan PKN mengupayakan PAI yang berwawasan kebangsaan”. Jakarta : Saada Cipta Mandiri.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendididkan, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2007)
Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan: Visi, Misi, Aksi, (Jakarta: Gamawindu Pancaperkasa, 2000)
Muhaimin, et. al, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004), Cet. 3
KBBI edisi keempat,