Evaluasi Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin Timur Terhadap Akreditasi Nasional
DOI:
https://doi.org/10.58577/dimar.v6i2.334Keywords:
akreditasi, kesiapan, Madrasah Ibtidaiyah, standar nasional pendidikan, peningkatan mutuAbstract
Pengawasan dan evaluasi terhadap lembaga pendidikan harus mencakup semua dimensi pendidikan, baik itu aspek proses pembelajaran maupun hasil yang dicapai. Penelitian ini mengkaji kesiapan dan kebutuhan madrasah ibtidaiyah di Banjarmasin dalam melaksanakan proses akreditasi yang sesuai dengan delapan standar nasional pendidikan. Studi ini menawarkan strategi praktis bagi madrasah untuk meningkatkan kesiapan akreditasi melalui pendekatan berbasis pendanaan lokal dan pelatihan guru. Menggunakan metode penelitian deskriptif-eksploratif dan purposive sampling, data dikumpulkan dari enam madrasah ibtidaiyah Kota Banjarmasin melalui angket, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini menemukan tingkat kesiapan madrasah secara keseluruhan mencapai 86,96%. Standar pembiayaan dan standar penilaian menunjukkan kesiapan tertinggi dengan masing-masing persentase 83,33%. Namun, terdapat tantangan signifikan pada standar sarana dan prasarana, di mana 50% responden menyatakan ketidaksiapan terkait luas lahan, fasilitas laboratorium, dan ruang perpustakaan. Selain itu, 16,67% responden menyatakan ketidaksepadanan latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang disampaikan, dan hanya 33,33% yang sepenuhnya siap dalam penerapan model pembelajaran berbasi masalah, pembelajaran berbasis projek (PjBL), dan pembelajaran kontekstual. Madrasah hendaknya menetapkan tindakan strategis, seperti pengalokasian dana, peningkatan fasilitas, dan pelatihan tenaga pendidik, untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mendukung keberhasilan akreditasi madrasah.
References
Afridoni, Afridoni, Suntama Putra, Salfen Hasri, dan Sohiron Sohiron. “Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 3 (3 Juli 2022): 13832–38. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4402.
Amalia, Tiara Noor, dan Khairunnisa Khairunnisa. “PERBANDINGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI COURSE REVIEW HORAY DENGAN STRATEGI TIC TAC TOE.” DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (18 Oktober 2023): 93–113. https://doi.org/10.47732/darris.v6i2.516.
Amri, Khoirul, Safiyah Riyantini, Salfen Hasri, dan Sohiron Sohiron. “Startegi Pengembangan Mutu dan Akreditasi di Madrasah dalam Menghadapi Revolsi 5.0.” Jurnal Sustainable 5, no. 2 (2022): 172–82. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2509.
Ana, Junaidi, Nurul Adha, Nurul Fajri Arifin, dan Nur Afif. “Pengendalian, Prinsip TQM, Dan Unsur Dalam Pengelolaan Mutu Sekolah.” Journal of Mandalika Literature 5, no. 3 (27 September 2024): 501–9. https://doi.org/10.36312/jml.v5i3.3601.
Antonius. “Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dasar Negeri.” Fokus 12, no. 2 (2014): 250–58.
Anwariyah, Lulu’, Ahmad Azis Fanani, Fathi Hidayah, dan Hasan Baharun. “How to Enhance Islamic Education Learning Outcomes through an Integrated Literacy Approach in Madrasah? A Case Study.” Jurnal Keislaman 7, no. 2 (1 September 2024): 286–301. https://doi.org/10.54298/jk.v7i2.242.
Astenia, Dewi, Neti Karnati, dan Rugaiyah. EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM AKREDITASI SEKOLAH ATAU MADRASAH. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020.
Bara, Aprillia Batu. “Efektivitas Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di MAS PAB 1 Sampali.” JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS) 2, no. 4 (10 Agustus 2024): 275–81. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2281.
Basthomi, Yazid Al, Asep Sunandar, dan Agus Timan. “PENGELOLAAN PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 16, no. 2 (4 Juni 2024): 393–402. https://doi.org/10.26418/jvip.v16i2.73277.
Cyprian, Dlamini, Pinias Chikuvadze, Mudavanhu Young, Dziva Daimond, and Makuvire Claretah. “Competence-Based Education Pedagogy and Its Infusion into Primary School Learning Activities: Experiences from Teachers in A Selected Cluster in Eswatini.” Journal of Educational Research and Practice 3, no. 1 (January 9, 2025): 1–15. https://doi.org/10.70376/jerp.v3i1.267.
Devayani, Erlina, Bahrun Bahrun, dan Khairuddin Khairuddin. “The Influence Of Facilities And Infrastructure Management On The Effectiveness Of The Teaching And Learning Process At Superior High School Aceh Besar.” JETL (Journal of Education, Teaching and Learning) 9, no. 2 (2 Oktober 2024): 96–102. https://doi.org/10.26737/jetl.v9i2.5412.
Fatimah, Meti, dan Haerullah Haerullah. “Peran Administrasi Sarana Dan Prasarana Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.” TSAQOFAH 4, no. 6 (18 November 2024): 4109–20. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i6.4133.
Gunawan, Indra, Maman Hariana, Omanudin Omanudin, dan Tri Ngudi Wiyatno. “Penerapan Total Quality Management Pada Dunia Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan.” Journal on Education 6, no. 4 (27 Juni 2024): 22381–86. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6405.
Hakim, Arif Rahman, dan Nugraha Suharto. “The Role of Accreditation in Improving Education Quality.” Atlantis Press 258 (2018). http://dx.doi.org/10.2991/icream-18.2019.61.
Hanun, Farida. “Akreditasi Madrasah sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP).” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 13, no. 1 (2015).
Harahap, Lia, Ibnu Hajar, dan Arif Rahman. “Analysis of Implementation of Standards for Facilities and Infrastructure of State Aliyah Madrasah in Medan City Based Minister of National Education Regulation Number of 2007.” Dalam Proceedings of the Proceedings of the the 3rd Annual Conference of Engineering and Implementation on Vocational Education, ACEIVE 2019, 16 November 2019, Universitas Negeri Medan, North Sumatra, Indonesia. Medan, Indonesia: EAI, 2020. https://doi.org/10.4108/eai.16-11-2019.2293262.
Hasnawati, -. “Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 3, no. 1 (2006). https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635.
Helda, Helda, dan Syahrani Syahrani. “National Standards of Education in Contents Standards and Education Process Standards in Indonesia.” Indonesian Journal of Education (INJOE) 3, no. 2 (1 Maret 2022): 257–69. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.32.
Huda, Khoirul. “PROBLEMATIKA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Dinamika Penelitian 16, no. 2 (2 Desember 2016): 309–36. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336.
Imron, Ali. Akreditasi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Malang: Jurusan AP FIP Universitas Negeri Malang, 2012.
Khairullina, Alifia, dan Andi Prastowo. “Implementation of ICT-Based Problem-Based Learning Model to Improve Higher Order Thinking Skills in IPAS Learning in Madrasah Ibtidaiyah.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 14, no. 2 (1 Oktober 2024): 151–61. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v14i2.13282.
Kumar, Pradeep, Balvinder Shukla, dan Don Passey. “Impact of Accreditation on Quality and Excellence of Higher Education Institutions.” Investigacion Operacional 41 (Maret 2021): 151–67.
Kurniadin, D. dan Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
Kusriyanto, Kusriyanto, dan Nur Wening. “Implementation of TQM in Islamic-Based Schools: A Literature Review.” Maneggio 1, no. 3 (29 Juni 2024): 116–25. https://doi.org/10.62872/wwm72195.
M, Novidayanti, Rosbianti Rosbianti, Muhammad Amin Nur, dan Muh Hambali. “Peran Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 6, no. 4 (8 Juli 2024): 3260–65. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6964.
Madkan, Madkan, M. Ali Haidar, dan Lusia Mumtahana. “Gerakan Literasi Madrasah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Madrasah Tsanawiyah.” Academicus: Journal of Teaching and Learning 1, no. 1 (2022): 54–62. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.7.
Majid, Lukman Abdul. “Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Lampung Tengah.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (19 Desember 2023): 44–54. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i1.103.
Mansyur, Mohammad, dan Abadi Abadi. “Perpustakaan Madrasah Sebagai Pusat Informasi Dan Sumber Belajar Bagi Siswa.” IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship) 4, no. 1 (30 Oktober 2020): 59–64.
Martani, Edi. “Improving the Quality of Madrasah Education through Madrasah Resource Management.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 3, no. 1 (27 Februari 2023): 25–38. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.481.
Mubarok, Ramdanil, Makherus Sholeh, dan Ika Irayana. “Classroom Management Strategy in Implementing the Merdeka Curriculum (Independent Curriculum) in Primary Education Institutions.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 13, no. 2 (31 Desember 2023): 189–202. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v13i2.11356.
Muslihah, Eneng, E. Syarifudin, Budiarjo, Nurlelah, dan Purnomo Mulyosaputro. “AKREDITASI SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH (PENELITIAN DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PANDEGLANG).” Jurnal Paris Langkis 5, no. 1 (3 September 2024): 132–50. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15486.
Muslihatuzzahro, Finy. “INTEGRATED QUALITY MANAGEMENT (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) IN THE CONTEXT OF EDUCATION.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 8, no. 02 (26 Juli 2023): 50–56. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i02.260.
Novebri, Novebri, dan Hottua Samosir. “Enhancement of Madrasah Students’ Literacy through AKMI Program Integrated in Educational Curriculum.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 16, no. 1 (28 Mei 2024): 373–82. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i1.4836.
Octivani, Alvina Rizqy, Budhy Prianto, dan Roos Widjajani. “Standards of Education Management in the Quality of Tsanawiyah Madrasah.” International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering (IJASRE), ISSN:2454-8006, DOI: 10.31695/IJASRE 10, no. 8 (10 Agustus 2024): 27 to 36. https://doi.org/10.31695/IJASRE.2024.8.4.
Prastowo, Andi. “Penilaian Autentik dan Tantangan Mutu Pendidikan Abad XXI pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia.” Dalam Prosiding Seminar Nasional PD-PGMI. Aceh: Ar-Raniry Press, 2017.
Sari, Putri Sekar, dan Maemonah Maemonah. “Analysis of Project-Based Learning in IPAS Subjects at Madrasah Ibtidaiyah: A Progressivism Perspective.” Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 14, no. 2 (31 Agustus 2024): 106–20. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v14i2.13215.
Senang, Senang, Erik Rikza Aulia, dan Sunardi Sunardi. “Manajemen Keuangan Madrasah dalam Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.” At Tadbir: Islamic Education Management Journal 2, no. 2 (21 Oktober 2024). https://doi.org/10.54437/attadbir.v2i2.1766.
Septiana, Wiwin, Bukman Lian, dan Nuril Furkan. “Management of Infrastructure in Supporting the Implementation of the Merdeka Curriculum.” Journal of Social Work and Science Education 5, no. 3 (11 November 2024): 1108–20. https://doi.org/10.52690/jswse.v5i3.899.
Setianingsih, Charisma Dewi. “Status Akreditasi Dan Kualitas Sekolah di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan Universitas Negeri Malang 1 (2017): 138.
Siahaan, Tumpal, Paningkat Siburian, dan Din Sihotang. “School Accreditation In Disruption Era In Improving Quality Of Education (Case Study in Junior High School at Pematangsiantar).” Dalam Proceedings of the Proceedings of the First Nommensen International Conference on Creativity & Technology, NICCT, 20-21 September 2019, Medan, North Sumatera, Indonesia. Medan, Indonesia: EAI, 2020. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2019.2296613.
Suharsono, Fajar Purwaningsih, dan Wildan Sirojuddin. “Akreditasi Sekolah Atau Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam.” Educatia : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 14, no. 1 (1 Juli 2024): 22–37. https://doi.org/10.69879/xjf81h91.
———. “Akreditasi Sekolah Atau Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam.” Educatia : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 14, no. 1 (1 Juli 2024): 22–37. https://doi.org/10.69879/xjf81h91.
Sumaryanti, Sumaryanti, dan Nurtanio Agus Purwanto. “Achieving the Quality of Education through the Application of Eight National Education Standards Using School-Based Management.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 1 (9 Januari 2023): 135–46. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.1652.
Surata, I. Ketut. “PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LKS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BIOLOGI.” Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi 4, no. 2 (27 November 2019): 114–20. https://doi.org/10.34289/292826.
Suryana, Asep. “Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan,” t.t. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197203211999031-ASEP_SURYANA/AKREDITASI_dan_SERTIFIKASI.pdf.
Ulum, Miftahul. “Kebijakan Standar Nasional Pendidikan.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 11, no. 1 (28 Maret 2020): 105–16. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3845.
Wibowo, Tri, dan Maswah Syifana. “Strategy and Portrait of the Literacy Movement in Public Madrasah Ibtidaiyah.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 6, no. 2 (31 Desember 2023): 263–78. https://doi.org/10.33367/ijies.v6i2.4314.
Zubaedi. Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Rajawali Press, 2017.
Zulkifli, M. “Kinerja Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Sulawesi Tenggara.” Jurnal At’dib, 2015. https://media.neliti.com/media/publications/235744-kinerja-badan-akreditasi-provinsi-sekola-acc2ba22.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raihanatul Jannah, Khairunnisa Khairunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.