Internalisasi Sikap Patuh dan Ta’dhim Santri (Studi Eksperimen di Pondok Pesantren Darul Hidayah, Uman Agung Bandar Mataram)
Keywords:
Sikap Patuh , ta’zdhim, Santri pondok Pesantren Darul HidayahAbstract
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berperan penting dalam pembinaan akhlak yang bertujuan mencetak tingkah laku manusia yang dalam kehidupan sehari-sehari. Mayoritas santri Pondok Pesantren berpendidikan formal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya kualitas santri karena sudah terpengaruh dunia luar, sehingga menjadikan santri kurang berperilaku sopan santun dalam ta‟dzim santri kepada Kyai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku ta‟dzim santri kepada Kyai diantaranya: 1) untuk mengetahui implementasi sikap ta‟dzim santri Pondok Pesantren Darul Hidayah tahun 2018; 2) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan sikap ta‟dzim santri Pondok Pesantren Darul Hidayah Uman Agung tahun 2018; 3) untuk mengetahui solusi yang harus dilakukan dalam menghadapi hambatan pengimplementasian sikap ta‟dzim santri Pondok Pesantren Darul Hidayah tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kuliatatif. dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokomentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan ustadz, ustadzah dan pengurus. Untuk analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, diantaranya: 1) perilaku ta’dzim santri Pondok Pesantren Darul Hidayah tahun 2018, dengan sikap yang mencerminkan kesopanan dan menghormati kepada orang lain terlebih kepada yang lebih tua darinya atau kepada seorang Kyai, ustadz/ustadzah, guru, dan orang yang dianggap dimuliakan, 2) faktor penghambat dipengaruhi oleh sulitnya belajar dari faktor individu atau internal (faktor yang bersumber dari dalam diri) dan faktor eksternal (faktor yang bersumber dari luar diri seperti keluarga,teman pergaulan dan latar belakang daerah dan budaya), 3) cara mengatasi hambatan bisa dilakukan melalui strategi keteladanan, kebiasaan, pengajaran, pengajian kitab, nasehat, kedisiplinan, pujian, kemandirian, sehingga akan terjadi proses kebiasaan baru atau perbaikan di Pondok Pesantren Darul Hidayah Tahun 2018.
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan yaitu penelitian yang digunakan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan suatu unit sosial. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi.
References
Abd. Rahman Ghani, Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)
Ading Kusdiana, Sejarah Pesantren; Jejak, Penyebaran, Dan Jaringannya Di WilayahPeriangan(1800-1945),( Bandung : Humaniora, 2014)
Al Ghazali,Bidayah Al Hidayah Bimbingan Menuju Takwa,terjemah Samsul Hadi Zulkarnain, Hasanuddin Z. Arifin, (Lampung Tengah: Pesantren Al Asna)
Al-zarnuji, Alala dan Penjelasannya Kiat-Kiat Menuntut Ilmu, Terjemahan Fariz Awaludin Fariz (Yogyakarta: Insan Teknika, 2017)
_____, Ta‟lim Muta‟alim,terjemah, Abdul Kadir Aljufri, (Mutiara Ilmu: surabaya, 2009)
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian,(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2011)
Anwar Sanusi, Metodologi Penelitian Bisnis, (Jakarta Selatan: Selemba Empat, 2011)
Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana, 2007)
Husein Muhammad, Islam Tradisional Yang Terus Bergerak (yokyakarta : IRCiSoD, 2019),
Imam Bawani, Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam, (Surabaya: Alikhlas,1993)
Imam Muslih, Membangun Akhlak santri melalui kajian kitab Ta‟limul Muta‟allim, (Jombang: UNWAHA, 2018)
Kompri, Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren,( Jakarta : Prenada Media, 2018)
Lexy J.Moleong, metodologi penelitian kualitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2017)
M.Arifin, Psikologi Dakwah suatau pengantar studi,(Bumi Aksara:jakarta 1991)66
Muhtarom Busyro, Shorof Praktis Metode Krapyak,(Yogyakarta: Putra Menara,2012)
Muhammad Fathurrohman,Sulistyorini, Belajar & Pembelajaran Meningkatkan
Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional ( Yogyakarta : Teras 2012)
M. Yacub, Pondok Pesantren Dan Pembangunan Masyarakat Desa,( Bandung : Angkasa)
Nasarudin Umar, Islam Nusantara Jalan Panjang Moderisasi Beragama di Indonesia, (Jakarta: PT Alex Media Koputindo,2019)
Nurdyansyah,Eni Fariyatul Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran, ( sidoarjo
Nizamia Learning Center, 2016)
Nurul Zuriyah, Metode Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori Aplikasi, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007)
Sudjono Prasodjo, Profil Pesantren, (Jakarta: LP3S, 1982)
Sugiarto, Metodologi Penelitian Bisnis, (yogyakarta : Andi, 2017)
Sugiyono, Metode Penelitian Dan Pengembangan Reaserch and Development, (Bandung: Alfabeta, 2015)
_____, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015)
_____, Metode Penelitian Dan Pengembangan Reaserch and Development, (Bandung: Alfabeta, 2019)
Tim ilmiah indonesian Community Care Center, Berhias Dengan Akhlak Bagaimana Meneladani Budi Pekerti Nabi Dalam Peri Kehidupan,( Riyadh : Indonesia Community Care Canter, 2015 )






