Model Kepemimpinan Kepala Sekolah di Mts Pakis Gununglurah Cilingok BANYUMAS
Keywords:
Model Kepemimpinan, Kepemimpnan Kepala sekolah, Minat Belajar siswaAbstract
Madrasah Tsanawiyah PAKIS is the first formal middle school that was established in a forest area to be precise in Pesawahan Hamlet, Gununglurah Village, Cilongok District, Banyumas Regency. In its implementation, the principal as a leader in educational institutions has a unique pattern or way of fostering student interest in learning. So the purpose of this study is to find out more about the Principal Leadership Model in Mts PAKIS Gunung Lurah Cilongok Banyumas. This research is a descriptive study using a qualitative approach. Data sources include the principal, teaching volunteers, students of MTs PAKIS, and community elements around MTs PAKIS. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation study. The data validity was done by triangulating the sources and techniques. The data analysis technique used is the qualitative data analysis technique of the Milles and Huberman model. The results of this study explain that the principal leadership model in Mts PAKIS uses a participatory approach and has a tendency (Consideration). In its implementation, namely by bringing in Educator Volunteers who have various backgrounds, it has been proven to be able to foster student interest in learning.
References
A. Chaedar Alwasilah, 2017. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, Bandung (Dunia Pustaka Jaya).
Ahmad Suriansyah dan Aslamiah“Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru,orang tua,dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa Jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tahun 2015
Ammi Fauziah dkk. 2017. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 4. No 01.
Arikunto, Suharsini. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: RinekaAsparinda. 2015. “Motivasi Belajar Siswa SMP N 4 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat:. Skripsi Universitas Jambi.
Danim, Sudarwan, 2009, Manajemen dan KepemimpinanTransformasional kekepalasekolahan,(Jakarta: Rineka Cipta).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta.)
Juwita Sari,Rina.2013. Relasi relawan Dan Penyandang Disabilitas dalam Proses pemberdayaan Berbasis Exchange Theory, Skripsi, (jurusan sosiologi fakultas Ilmu sosial dan politik universitas brawijaya).
Muhibbinsyah, 2010, Psikologi pendidikan, (Bandung :Remaja rosdakarya).
Mulyasa, E, 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya)
Rachmat,2018. Manajemen strategik (Bandung : CV PUSTAKA SETIA)
Siagian, Sondang P. 2003.Filsafat Administrasi, Jakarta : Bumi Aksara.
Sudarwan Danim, 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif : Ancangan Metodologi, Presentasi dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan & Humaniora, (Bandung: Pustaka Setia).
Sudaryono. 2017. Metodelogi Penelitian,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta).
Suprihanto, John. 2014.MANAJEMEN, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Syaiful Bahri Djamarah. 2010.Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta).
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2012.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Umar Tirtarahardja,2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Uno, Hamzah, 2010. Teori Motivasi dan pengukurannya,(Jakarta : Bumi aksara).
Usman, Husaini. 2011. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Usman, Nasir, (2012) Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru, konsep, teori dan model, Bandung: Citapustaka media perintis
Wahjosumidjo, (2007), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Wahyudi, (2009), Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta
Purnomo,eko, 2016.Teori kepemimpinan dalam organisasi. Yayasan Nusantara Bangun Jaya.