Efektifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

di SMK Baitul Kirom Subing Karya

Authors

  • Wahid Khoirul Anam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram

DOI:

https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.49

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran Daring, Pandemi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan di SMK Baitul Kirom Subing Karya Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kegiatan pembelajaran daring di rumah peserta didik sebagai upaya mendukung program pemerintah yaitu study from home selama adanya pandemik covid 19 serta menganalisis efektifitas dalam pemebelajaran daring.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tanya jawab kepada narasumber yaitu guru SMK Baitul Kirom Subing Karya melalui wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan dirumah masing-masing membuat peserta didik lebih mandiri dan menciptakan motivasi untuk belajar. Selain itu pembelajaran daring menjadi salah satu keberhasilan untuk menciptakan perilaku social distancing sehingga meminimalisir munculnya keramaian yang dianggap dapat berpotensi semakin menyebarnya covid 19 di lingkungan sekolah. Akan tetapi masih kurang efektif dalam pelaksanaannya disebabkan adanya berbagai kendala seperti kemanpuan ekonomi, penguasaan teknologi, kuota internet, dan jaringan yang belum memadai.

References

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (Cet.IV; Jakarta: Rajawali Pers,2014)

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa- pandemi-covid-19

https://blog.ruangguru.com/hal-yang-perlu-dipertimbangkan-guru-selama-pembelajaran- jarak-jauh

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Maulana, M., & Rachman, B. (2016). Harga pembelian pemerintah (HPP) gabah-beras tahun 2010: Efektivitas dan implikasinya terhadap kualitas dan pengadaan oleh Dolog. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(4), 331–347.

Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta, PT Prestasi Pustakaraya, 2012)

Pohan Albert Efendi, (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Konsep Ilmiah. Purwodadi. CV. Sarnu Untung.

Rahadhitya, R., & Darsono, D. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Audit Internal (Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Samadi, (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring. Semarang : Suara Merdeka.com

Sugiono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D,

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktif (Jakarta: Rineka Cipta

Sukmaninata, Metode Penelitian Pendidikan(Bandung: Rosdakarya, 2006)

Supardi. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 83, 585

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Wahid Khoirul Anam. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: di SMK Baitul Kirom Subing Karya. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 34–52. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.49