Kemampuan Bahasa Arab Dalam Pandangan Perilaku Keagamaan Dan Kemampuan Menulis Arab (Khat)

Authors

  • Dedi Mustofa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram

Keywords:

penguasaan khat, kemampuan bahasa arab, perilaku keagamaan

Abstract

Writing is one of the very penting.melalui language skills to write someone will be able to more easily convey the message in writing and can understand and remember the message from a script or text. However, writing the Arabic language itself is inseparable from the ability to master handwriting}. Without an understanding of khat} good, allows a person to experience an error in writing the Arabic alphabet even in understanding the message of an Arabic text. The purpose of this study was to determine how much influence the ability of the Mastery of Arabic handwriting and religious behavior of a person.

References

‘Afifi Salim Fauzi, Cara Mengajar Kaligrafi (Pedoman Guru), terj. Didin Sirojudin AR (Jakarta : Darul Ulum Press, 2002).

Abd. Azis Ahmad, Ragam Karakter Dalam Kaligrafi Islam, (Jakarta: Amzah , 2006) edisi ke 2.

Ancok Djamaludin & Nashori Fuad Suroso, Psikologi Islami, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994).

Ancok Djamaludin, Psikologi Islam Solusi Islam atau Problem-Problem Psikologi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994).

Arifin H.M. Psykologi Dakwah (Jakarta: Bulan Bintang. 1972) hlm.

Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian. Cet. IX (Jakarta: Rineka Cipta. 1993).

Baharun, Psikologi Agama dalam Perspektif Islam, (Malang: UIN Malang Press)

Best John W.. (penyunting: Sanapiah Faisal. Metodologi Penelitian Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional. 1996).

Bloch Bernard dan Trager, Outline Of Linguistic Analysis, dalam Henry Guntur Tarigan, Psikolinguistik,(Bandung: Angkasa,1984) cet. Ke-1.

Darmawan Hendro, Kamus Ilmiah Populer Lengkap. (Yogyakarta: Bintang Cemerlang 2013) cet ke IV.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,cet ke-10 (Jakarta: Balai Pustaka, 1999)

Efendi A. Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat,2004).

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, (Semarang: UNDIP, 2001).

Hadi Sutrisno, Metodologi Reset II, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2001)

Hamid Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang : UIN Malang Press. 2008.

Hermawan Acep, Metodelogi Pembelajaan Bahasa Arab. Cet ke IV (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014) .

Hermawan Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, cet. Ke IV(Bandung: Rosda Karya 2014).

Hidayat Asep Ahmad, Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna dan Tanda, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006).

Huda Nurul, Pembelajaran Bahasa Arab Dasar (Tinjauan terhadap Penggunaan Khat Naskhi), Tesis. UIN Sunan Kalijaga Jurusan Pendidikan Islam, 2012.

Ibnu Aziz, “Definisi Bahasa Arab”, www.ibnuaziz73.blogspot.com, dalam google.com, 22 Desember 2015, Jam 15.20 WIB.

Jalaludin, Psikologi Agama, (Jakarta: PT Rja Grapindo Persada, 2001).

John. W. Best, Metodologi Penelitian Pendidikan, penyunting Sanafiah Faisal (Surabaya: Usaha Nasional, 1996).

Kadir Bahri Saiful.“Fann al-Khat al-‘Arabiy ar-Riq’iy wa mumayyizatuhu baina al-Khutut al-‘Arabiyyah al-ukhra” Skripsi pada Jurusan BSA Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tahun 1986.

Kahmad Dadang, Sosiologi Agama (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012).

Kridalaksana Harimurti, Kamus Linguistik, (Jakarta: Gramedia, 1982) cet. Ke-1.

M. Ainin dkk, Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang: MISYKAT. 2006).

M. Syaiful, Metode Makna Gandul (Tarjama Tradisional) Di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah Yogyakarta Dalam Membantu Santri Memahami Kitab Kuning, (Yogyakarta: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga, 2008).

M.J Allen And W.M Yen. Introduction to Measurement Theory (California. Brooks Cole Publishing Company. 1979).

Madkur Ahmad ‘Ali, Tadris Funun al-Lugah al-‘Arabiyyah (Kairo; Dar al-Fikr al-‘Arabiy, 2000).

Mansur, “Al-Arabiyah”, dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol.1 No.1 (2004).

Mashuri, Wawasan Kaligrafi Islam, (Ponorogo: Darul Huda press)

Modul Privat SPSS RJ Comp Jogja.

Nashori Fuad dan Diana Rachmy Mucharam, Mengembangkan Kreatifitas dalam Prespektif Psikologi Islam, (Yogyakarta: Menara Kudus,2002).

Nuha Ulin, metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. (Yogyakarta: DIVA Press. 2012).

Nurhadi, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efisien, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005).

Panitia PPL 1 Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, “Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PAI & Mata Pelajaran Bahasa Arab SMA, MA, SMALB dan MAK”. (Yogyakarta,2008).

PERMENAG RI Nomor 000912 Tahun 2013 tentang “Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab”.

Prasetyo Bambang dan Miftahul Lina Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012) cet. Ke- VII .

Ruslan Mustafa, Ta’lim al-Lugah al-‘Arabiyyah (Kairo: Dar ats-Tsaqafah, 2005).

Sirajudin Didin, Seni Kaligrafi Islam (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1985)

Situmorang Oloan, Seni Rupa Islam; Pertumbuhan dan Perkembangannya (Bandung: Angkasa, 1993).

Subandi, Psikologi Agama dan Kesehatan Mental. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2013,

Sudaryono, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2010).

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta. 2006).

Sukamto Mauludin dan Munawir Ahmad.Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakarta: Norma Media Idea. 2004.

Sururin, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004).

Syaharudin ,Kaligrafi Al-Quran Dan Metodologi Pengajarannya (Jakarta: penerbit PT Hidakarya Agung 2001).

Ta’imah Ahmad Rusydi, Al-Marja’ fî ta’lîm al-Lugah al-‘Arabiyyah li an-Nathiqina bilugatin ukhra, Jilid Dua (Saudi Arabia: Diktat Kuliah Jami’ah Umm al-Qura, Tt.).

Tanireja Tukiran dan Mustafidah Hidayati, Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar).(Bandung: Alfabeta, 2014) .

UPI, Linguistik Sastra jurnalistik, “Sosiolinguistik”: Masyarakat Bahasa 1”, www.anaksastra.blogspot.com, dalam google, (22 Desember 2015).

Walgito Bimo. Pengantar Psikoogi Umum. (Yogyakarta: CV Andi Ofset 1980).

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Dedi Mustofa. (2019). Kemampuan Bahasa Arab Dalam Pandangan Perilaku Keagamaan Dan Kemampuan Menulis Arab (Khat). DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 61–77. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/5