Hubungan Budaya Sekolah Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Sma It Daarul Hamdi Kabupaten Lampung Timur

Authors

  • Asep Irawan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram

Keywords:

Budaya sekolah, Motivasi Belajar Anak

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Seorang peserta didik akan belajar dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Peserta didik akan belajar dengan giat jika memiliki motivasi belajar yang tinggi. Budaya sekolah diharapkan dapat menjelaskan tentang sekolah, seperti mekanisme internal sekolah terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Adakah hubungan antara budaya sekolah dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. 2) Adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. 3). Hubungan antara budaya sekolahdan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei pendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur sejumlah 31 peserta didik penelitian populasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan  adalah : 1) Ada hubungan budaya sekolah dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik Kelas X dan XI SMA IT Daarul Hamdi. Nilai koefisien variabel sebesar 0,327 dengan thitung= 1,952, dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,697. Maka thitung ≥ ttabel  dengan nilai 1,952 ≥ 1,697. 2) Ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajarr Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas X dan XI di SMA IT Daarul Hamdi. Nilai koefisien variabel sebesar 0,405 dengan thitung= 1,840, dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,697.Maka thitung ≥ ttabel  dengan nilai 1,840 ≥ 1,697, 3) persamaan regresi   Y=75,070 + 0,327X1 +0.405X2, menunjukan bahwa nilai Fhitung=3,499 dengan Sig=0,061. Bandingkan nilai Fhitung dengan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% dan derajat bebas (v1=2 dan v2=28) diperoleh nilai Ftabel=3,36, dengan kondisi bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai Sig yang lebih kecil dari alfha (0,05).

References

Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006

Abidin Ibn Rusn, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Abu Ahmadi dan Nur Uhbuyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Renika Cipta, 2008

Ahmad Tanzeh, Metedologi PenelitianPraktis,Yogyakarta: Teras,2011

Ajat Sudrajat, Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji, Yogyakarta: UNY Press, 2011

Bobbi dePorter, Quantum Teaching, Bandung: Kaifa, 2000

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Proses Pembelajaran, Jakarta: Rineka, 2000

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

E. Mulyasa, Implementasi KTSP, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Fred C. Lunenburg and Allan C. Ornstein, Educational Administration: Concepts and Practices, (USA: Wodsworth, 2004

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2009

Joko Subagyo, Metode Penelitian Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Research, Bandung: Alumni, 2001

M. Sudrajat, TjuTju S. Achyar, Statistika Konsep Dasar Pengumpulan & Pengolahan Data, Bandung: Widya Padjadjaran , 2010

Moh. Pabundu Tika, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 2009

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosda Kaya, 2010

Mulyono Abdurrohman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1999

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008

Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: PT. Grasindo, 2003

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 66 Tahun 2013, Tentang Standar Penilian Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2013

Pupuh Fathurrohman, dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Aditama, 2010

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

S Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011

S. Nasution Didaktif Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Asara, 2010

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2010

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro, Pedoman Penulisan Tesis Edisi Revisi (Metro: Program Psacasarjana 2015

Shodiq Abdullah, Evaluasi Pembelajaran, Semarang: Pustaka Rizki, 2012

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Jilid I, Andi Ofset, Yogyakarta, 2000

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Syaiful, Sagala, Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan, Pemberdayaan Organisasi Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2008

Syamsuddin, Pendidikan Kependidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

W. Gulo, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia,, 2005

Yayat Hayati Djatmiko, Perilaku Organisasi, Bandung: Alfabeta, 2008

Zakiah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Asep Irawan. (2020). Hubungan Budaya Sekolah Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Sma It Daarul Hamdi Kabupaten Lampung Timur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 053–065. Retrieved from https://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/29