Hubungan Budaya Sekolah Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Sma It Daarul Hamdi Kabupaten Lampung Timur
Keywords:
Budaya sekolah, Motivasi Belajar AnakAbstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Seorang peserta didik akan belajar dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Peserta didik akan belajar dengan giat jika memiliki motivasi belajar yang tinggi. Budaya sekolah diharapkan dapat menjelaskan tentang sekolah, seperti mekanisme internal sekolah terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Adakah hubungan antara budaya sekolah dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. 2) Adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. 3). Hubungan antara budaya sekolahdan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei pendekatan asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA IT Daarul Hamdi Lampung Timur sejumlah 31 peserta didik penelitian populasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) Ada hubungan budaya sekolah dengan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik Kelas X dan XI SMA IT Daarul Hamdi. Nilai koefisien variabel sebesar 0,327 dengan thitung= 1,952, dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,697. Maka thitung ≥ ttabel dengan nilai 1,952 ≥ 1,697. 2) Ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajarr Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas X dan XI di SMA IT Daarul Hamdi. Nilai koefisien variabel sebesar 0,405 dengan thitung= 1,840, dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,697.Maka thitung ≥ ttabel dengan nilai 1,840 ≥ 1,697, 3) persamaan regresi Y=75,070 + 0,327X1 +0.405X2, menunjukan bahwa nilai Fhitung=3,499 dengan Sig=0,061. Bandingkan nilai Fhitung dengan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% dan derajat bebas (v1=2 dan v2=28) diperoleh nilai Ftabel=3,36, dengan kondisi bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai Sig yang lebih kecil dari alfha (0,05).
References
Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006
Abidin Ibn Rusn, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Abu Ahmadi dan Nur Uhbuyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Renika Cipta, 2008
Ahmad Tanzeh, Metedologi PenelitianPraktis,Yogyakarta: Teras,2011
Ajat Sudrajat, Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji, Yogyakarta: UNY Press, 2011
Bobbi dePorter, Quantum Teaching, Bandung: Kaifa, 2000
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Proses Pembelajaran, Jakarta: Rineka, 2000
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
E. Mulyasa, Implementasi KTSP, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Fred C. Lunenburg and Allan C. Ornstein, Educational Administration: Concepts and Practices, (USA: Wodsworth, 2004
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2009
Joko Subagyo, Metode Penelitian Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Research, Bandung: Alumni, 2001
M. Sudrajat, TjuTju S. Achyar, Statistika Konsep Dasar Pengumpulan & Pengolahan Data, Bandung: Widya Padjadjaran , 2010
Moh. Pabundu Tika, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 2009
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosda Kaya, 2010
Mulyono Abdurrohman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1999
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008
Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012
Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: PT. Grasindo, 2003
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 66 Tahun 2013, Tentang Standar Penilian Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2013
Pupuh Fathurrohman, dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Aditama, 2010
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
S Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011
S. Nasution Didaktif Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Asara, 2010
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2010
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo Metro, Pedoman Penulisan Tesis Edisi Revisi (Metro: Program Psacasarjana 2015
Shodiq Abdullah, Evaluasi Pembelajaran, Semarang: Pustaka Rizki, 2012
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Jilid I, Andi Ofset, Yogyakarta, 2000
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Syaiful, Sagala, Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan, Pemberdayaan Organisasi Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2008
Syamsuddin, Pendidikan Kependidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
W. Gulo, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia,, 2005
Yayat Hayati Djatmiko, Perilaku Organisasi, Bandung: Alfabeta, 2008
Zakiah Daradjat, dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995