PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) DI SDN 01 SUMBER REJEKI MATARAM BANDAR MATARAM

  • Asep Irawan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Mubarok
Keywords: Peran Kepala Sekolah, dan Penilaian Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala Sekolah dalam kegiatan Penilaian Kinerja Guru guna meningkatkan kualitas pendidik dalam rangka merealisasikan visi dan misi Sekolah di SD Sumber Rejeki Mataram, Kanigaran, Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dan menganalisis data dimana sumber data yang di gunakan yaitu data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kepala Sekolah memiliki beberapa peran, yakni sebagai inovator yang mencetuskan agenda PKG, selanjutnya kepala Sekolah berperan sebagai konseptor serta supervisor yang membuat konsep kegiatan dari awal kegiatan hingga eksekusi program PKG dan yang terakhir sebagai evaluator yakni melakukan evaluasi terhadap kegiatan PKG, hal ini dapat dilihat dari keaktifan kepala Sekolah dalam mengawal kegiatan-kegiatan di Sekolah terutama terkait dengan kegiatan PKG. Beberapa peran Kepala Sekolah tersebut mendorong kepala Sekolah melakukan terobosan dan kebijakan yang progresif guna menyukseskan kegiatan PKG.

Kegiatan PKG yang telah berjalan sejak tahun 2015-2016 telah dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas pendidik di SD Sumber Rejeki Mataram, karena itulah kepala Sekolah menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh semua pendidik di SD Sumber Rejeki Mataram. Rangkaian kegiatan yang dimulai dari pembekalan hingga melakukan evaluasi merupakan agenda kepala Sekolah dalam merealisasikan visi, misi dan tujuan dari SD Sumber Rejeki Mataram.

References

Ahmad Susanto, Manajemen Peningkatan
Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru, 2012
Daryanto, Guru Profesional (Yogyakarta: Gava Media, 2013),
Salinan peraturan Pemerintah No. 15 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (Jakarta: 2005),
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, (Jakarta: 2007),
Zakky, ”Pengertian Implementasi” diakses dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-implementasi/, pada tanggal 8 Januari 2019, pukul 21.04.
PP no.32 9tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Stansar Nasional Pendidikan pdf,4.
Akhmad Sudrajat, ”Permendikbud No. 81A/2013 tentang Implementasi Kurikulum,” diakses dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/08/21/permendikbud-no-81a2013-tentang-implementasi- kurikulum/ , pada tanggal 6 Oktober 2018, pukul 11.05.
PP no.19tahun 2005 tentang Stansar Nasional Pendidikan pdf,1.
PP no.32 9tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Stansar Nasional Pendidikan pdf,4.
Wagiran, Kinerja guru (Yogyakarta:Deepublish,2013)
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4756436/cerita-lengkap-kasus-guru-tampar-13-murid-di-kota-pasuruan-yang-viral
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4636616/guru-cubit-siswa-sd-di-surabaya-hingga-trauma-kadispendik-minta-maaf
https://jatim.suara.com/read/2019/07/23/180211/dua-anak-sd-ini-trauma-ke-sekolah-karena-sering-dicubiti-guru
https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/19/04/18/pq53k5368-rendahnya-kompetensi-guru-jadi-masalah-pendidikan-indonesia
Penilaian kinerja Guru, 2008 pdf
Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan…
UU no.14tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pdf,6.
UU no.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pdf,3.
Panduan Teknis Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kemendikbud Dirjen Pendas Dirpem SD,37.
V.Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Pustakabarupress, 2014),
Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung :Rosdakarya,2017),
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung:Alfabeta, 2017)
Published
2022-06-02
How to Cite
Irawan, A. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) DI SDN 01 SUMBER REJEKI MATARAM BANDAR MATARAM. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 77-96. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/78