STUDI EKSPERIMEN TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PAI MI DENGAN QUANTUM LEARNING DI SDN 1 JATI DATAR

  • Nana Suyadi Author
Keywords: model pembelajaran, Quantum Learning, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran PAI dengan Quantum Learning di SDN 1 Jatidatar. (2) Seberapa besar hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan Quantum Learning di SDN 1 Jatidatar sebelum diterapkan model pembelajaran Quantum Learning (3) Seberapa besar hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan Quantum Learning di SDN 1 Jatidatar setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning (3) Bagaimana peningkatan hasil siswa pada mata pelajaran PAI dengan Quantum Learning di SDN 1 Jatidatar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain The One-Group pretest-posttest dengan melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar PAI dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Quantum Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDN 1 Jatidatar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel sebanyak 24 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar PAI. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar PAI peserta didik kelas IV sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning sebesar 10,66 dan standar deviasi sebesar 2,74 dan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning sebesar 15,54 dan standar deviasi sebesar 3,48 dengan nilai rata-rata Gain Ternormalisasi 0,32 berada dalam kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik kelas IV SDN 1 Jatidatar.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
H. Muh. Azhar Burhanuddin. Tata Kelola Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Paikem) Di Sma Pondok Pesantren Immim Makassar. Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia Makassar. Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1, Juni 2017.
Kaifa. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar -Ruzz Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R. dan Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-06-02
How to Cite
Suyadi, N. (2022). STUDI EKSPERIMEN TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PAI MI DENGAN QUANTUM LEARNING DI SDN 1 JATI DATAR. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 45-57. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/76