Nilai-Nilai Pendidikan Intelektual dalam Perspektif Al-Qur'an; Belajar dari Kisah Nabi Ibrahim as

Authors

  • Sahroni
  • Yeni Setianingsih

Abstract

The Qur'an has a myriad of ways to convey its message to be a lesson for mankind. One is through the method of story. Among the many stories contained in the Qur'an, the story of Ibrahim interesting to observe. Where in the story found intellectual education valuescan be a lesson. By using inductive thinking patterns, Ibrahim teaches us the importance of thinking logically in observing the things that are around us.

References

Abidin, Zainal,Filsafat Manusia; Memahami Manusia Melalui Filsafat, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Al-Bûthî, Muhammad Sa’îd Ramadhân,Min Rawâi„ al-Qur‟ân, Damaskus: Maktabah Dâr al-Farabî, 2004.

Djaali, Psikologi Pendidikan,Jakarta; Bumi Aksara, 2014.

Jalil, Abdul,“Jender dalam Kisah-kisah al-Qur’an,” dalam Mutawâtir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis, Volume 1, Nomor 1, Juni 2011.

Jamaluddin, Psikologi Agama; Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi.

Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Jalaluddin dan Ali Ahmad Zen, Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan, Surabaya: Putra Al Ma’arif, 1994. Kementrian Agama RI, Al-Qur‟an danTafsirnya, jilid III. Jakarta; Lentera Abadi, 2010.

Malaka,Tan,Madilog; Materialisme, Dialektika, dan Logika, Yogyakarta: Narasi, 2014. Mustaqim,Abdul,Nilai-nilai Pendidikan dalm Kisah Al-Qur‟an, dalam Antologi Pendidikan Islam, ed.

Nizar Ali dan Sumedi,Yogyakarta: Idea Press, 2010.

Muhadjir, Noeng,Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif,Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.

Salim,Peter dan Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English Press, 1991.

Shaleh,Abdul Rahman, Psikologi; Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam,Jakarta: Prenada Media Group.

Shihab,Quraish,Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentara Hati, 2002.

-------------------, Wawasan al-Qur‟an,Bandung, Mizan, 2001.

Setia,Kalam, dkk., “Nabi Yusuf AS dan Makna Pendidikan dalam Islam,” dalam Jurnal Fikiran Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2014.

T. Handayu, Memaknai Cerita Mengasah Jiwa,Solo : Era Intermedia, 2001.

Usa,Muslih (ed.), Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta,Yogyakarta : PT. Tiara Wacana, 1991.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Sahroni, & Yeni Setianingsih. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Intelektual dalam Perspektif Al-Qur’an; Belajar dari Kisah Nabi Ibrahim as. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 114–132. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/75