PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA BROKEN HOME DI DESA PANISIHAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP

  • Setya Murti Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifudin Zuhri
  • Donny Khoirul Aziz Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifudin Zuhri
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Keluarga Broken Home

Abstract

Pendidikan Agama Islam hendaknya sudah diajarkan oleh orang tua kepada anak sejak usia dini. Orang tua sangat berperan penting dalam mengajarkan pendidikan agama islam, karena dengan adanya pendidikan tersebut anak akan mengetahui ajaran-ajaran apa saja yang harus dipelajari. Pendidikan agama islam juga penting untuk diterapkan dalam keluarga yang mengalami broken home. Anak yang terkena dampak broken home dari orang tuanya diutamakan untuk diberikan pendidikan agama islam, karena pendidikan agama tersebut nantinya akan menjadi pedoman hidup bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan agama islam dalam keluarga broken home di Desa Panisihan Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan agama islam dalam keluarga broken home sangat diperlukan. Berbagai cara dilakukan oleh orang tua untuk menerapkan pendidikan agama islam kepada anak seperti: menyuruh mengaji di pondok atau TPQ, mengajarkan sholat, memberikan teladan dan contoh yang baik, menghafalkan doa-doa bahkan hadis.

References

Hanipudin, Sarno. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal of Islam and Muslim Society Vol.1, No.1.

Indrianto, Nino. (2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Aziz, Mulkhis. (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMP N 18 Kota Banda Aceh). Jurnal Al Ijtimaiyyah Vol.1, No.1.

Wulandari, Desi., & Fauziah, Nailul. (2019). Pengalaman Remaja Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal Empati Vol.8, No.1.

Rahmi, Sharfina. (2014). Masalah-Masalah Yang Dihadapi Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor Vol.3, No.1.

Semiawan, Conny. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-06-02
How to Cite
Murti, S., & Aziz, D. (2022). PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA BROKEN HOME DI DESA PANISIHAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 15-30. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/74