Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah
Keywords:
implementasi, pendidikan, karakterAbstract
The emergence of the idea of character education in education is one of the efforts to improve the quality of education. This idea arises because the process of education that has been done has not been fully successful in building a noble berkakarkter Indonesian people, in accordance with religious teachings and noble values of Indonesia. Educational tendencies are more emphasis on cognitive aspects, resulting in the incessant morality in the lives of learners. In addition, current education tends to forget the moral dimension and character in teaching and learning, resulting in learners who are knowledgeable but not able to take advantage of the knowledge learned in everyday life. The purpose of this research is to know the values that are implanted to the students in character education in MA Al-Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah and the implementation of character education in MA Al-Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. This study is based on the problems of daily student behavior is still not in accordance with the values of characters taught, and character education has not been implemented optimally in routine activities and school culture.
References
Abdulloh Hamid, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Pelajar dan Santri dalam Era IT dan Cyber CultureSurabaya: IMTIYAZ, 2017
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Agus Wibowo, Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa berperadaban,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Agung Kuwantoro, Mengambil Berbagai Hikmah dari Kehidupan, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015
Ahmad Muaimin Azzet, Urgensi Penidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Aris Shoimin, Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Gava Media, 2014
Atikah Mumpuni, Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013, Yogyakarta: Deepublihs, 2018
Barnawi dan M. Arifin, Strategi dan Kebijakan Pembeiajaran Pendidikan Karakter, Jogakarta, Ar-Ruzz Media, 2012
Boedi Abdullah, dan Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian Bandung: Pustaka Setia, 2014
Burhan Bungin, Metedelogi Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press 2001
Daryanto dan Suryatri Darmiatun, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta: 2006
Doni Koesuma A., Pendidikkan Karakter, Jakarta: Grasindo, 2007
Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian Aplikasi PraktisJakarta: Ramayana Press, 2008
Endang Sumantri, Pendidikan Umum dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian IV, Jakarta: Imperial Bhakti Utama, 2007
Feri Jon Nasrullah, Pendidikan Karakter pada Anak dan Remaja, JurnalPsychology Forum UMM, 2015
Hamdani Hamid, dan Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2013
Herí Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012
Hudaya Latuconsina, Pendidikan Kreatif: Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi, di Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014
Imam Suprayogo dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003
Imam Suyitno, Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012
Jejen Musfah, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, (Jakarta: Kencana, 2015
Kementerian Pendidikan Nasional, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009
M. Yatimin Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran, Jakarta: Amzah, 2007
Mahfud Junaedi, Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2017
M. Hamdar Arraiyyah, dan Jejen Musfah, (ed) Pendidikan Islam: memajukan umat dan memperkuat kesadaran Bela Negara, Jakarta: Kencana, 2016
Mansur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Marzuki, Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012
Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi, (Jakarta: Prenada Mulia, 2014
Muhammad Nazir, Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009
Nasution, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Nono Adya S., dkk, Pendidikan Karakter Membangun Karakter Bangsa, Jakarta; Dijen Pendidikan Dasar, Kemdiknas, 2011
Ridwan Ahdullah Sani, dan Muhammad Kadri, Pendidikan Kararter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara, 2016
Soetyono Iskandar dan Mardi Syahir, Filsafat Pendidikan Vokasi, (Yogyakarta: Deepublish, 2018
Sri Narwanti, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Familia, 2013
Sugiyono, Memahami Penelitian Kulaitatif, Bandung: Alfabeta, 2013
-----------, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta, 2013
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Supriyanto, etl, Islam and Local Wisdom: Religious Expression in Southeast Asia, Yogyakarta: Deepublish, 2018
Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkunga Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Tatang Muhtar, dkk, Internalisasi Nilai Kesalehan Sosial, (Sumedang: UP! Sumedang Press, 2018
Tim Penulis Rumah Kitab, Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi PesantrenJakarta: Renebook, 2014
UU Sisdiknas tahun 2003
Wiratman Wangsadinata dan G. Suprayitno edRoosseno Jembatan dan Menjembatani, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008
Yulia Citra, Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran, E-Jupekhu Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 1 Nomor 1 Januari 2012
Zainal Aqib, Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, Bandung: Yrama Widya, 2012
Zubaedi, Desain Pendidin Karater: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2012