Manajemen Pengelolaan Kelas di Paud

Studi kasus di TK Pelita Cendekia Sumber Rejeki Mataram

Authors

  • Ardhi Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram

DOI:

https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.50

Keywords:

Manajemen, Pengelolaan Kelas, Anak

Abstract

Upaya untuk pembinaan yang dituntut oleh anak sejak dini yakni sejak anak lahir hingga usia enam tahun yang dilaukan melalui pemberian stimulus agar membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Dalam istilah manajemen terdapat tiga pandangan yang berbeda, pertama mengartikan administrasi lebih luas dari manajemen, kedua melihat manajemen lebih luas dan ketiga menyakini bahwa manajemen dan administrasi mempunyai kesamaan. Dengan kata lain organisasi adalah wadah bagi operasionalisasi manajemen karena itu didalamnya ada sejumlah unsur yang membentuk kegiatan manajemen yaitu unsur manusia, barang, mesin, metode serta material yang lan.Pengelolaan kelas Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Faktor internal dapat dari anak dan guru sedangkan faktor eksternal dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan belajar yang dapat diatas dengan jalan pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas yang tidak efektif dapat memunculkan berbagai masalah dalam pembelajaran seiring dengan muncul dan meningkatnya perilaku anak yang tidak diinginkan.

Kegiatan pembelajaran di dalam kelas diawali dengan kegiatan relaksasi sehingga anak tidak merasakan tekanan, kegiatan tidak terlalu formal yang dimaksudkan agar anak lebih terdorong untuk melakukan secara spontan dan tidak perlu merasa takut. Musik dan nyanyian merupakan dunia anak-anak yang menjadikan mereka merasakan kenyamanan dalam melakukan kegiatan, karena memang dengan adanya musik atau nyanyian yang sesuai dengan kehidupan mereka maka tingkat kestresan anak-anak dapat diminimalisir. Setelah melakukan pemanasan melalui kegiatan bernyanyi bersama selanjutnya guru mengajak anak-anak di dalam kelas untuk melakukan permainan yang disesuaikan dengan umur mereka, seperti permainan tebak-tebakkan yang mendorong setiap anak dapat ikut andil dan aktif dalam kegiatan tersebut. Permainan bagi anak-anak adalah kegiatan yang sangat serius sehingga mereka melakukannya dengan sepenuh hati, hal ini dapat guru gunakan sebagai sebuah cara agar anak dapat ikut andil dan aktif dalam pembelajaran yakni dengan menyisipkan permainan sesuai dengan materi yang sedang diajarkan.

References

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Syafaruddin & Nurmawati, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif (Medan: perdana Publishing, 2011),

Lukman Ali, dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet II (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Cet I (Bandung: PT. Remaja Rasindo, 2002)

Rusydie Salman, Prinsip-prinsip Manajemen Kelas, (Yogyakarta : DIVA Press, 2011)

Bahri Syaiful Djamarah, Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, ( Jakarta : PT Rineka Cipta, 2010)

Mulyasa, Manajemen PAUD, ( Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2014),

Danim Sudarwan, Yunan Danim, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, ( Bandung : CV Pustaka Setia, 2013),

Ardy Novan Wiyani, Manajemen PAUD Bermutu, (Yogyakarta : Penerbit Gava Media, 2015),

Zulfitriah Masiming, Pengaruh Setting Ruang Bermain Terhadap Perkembbangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini ( Islamic Fullday Childcare and Preschool Ahsanu Amalia di Yogyakarta), Jurnal Smartek, Vol. 7, No, 3 Agustus 2009,

Yusuf Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014),

Patilima Hamid, Resiliensi Anak Usia Dini, (Bandung : Alfabeta, 2015),

Suyadi, Maulidya Ulfah, Konsep Dasar PAUD, ( Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2013),

Febri Nurani, Upaya Meningkatkan KreativitAas Melalui Finger Painting Pada Anak di RA Sunan Averrous Bogoran Bantul ( Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 8 Tahun ke-4, 2015 )

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Ardhi Hidayat. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas di Paud: Studi kasus di TK Pelita Cendekia Sumber Rejeki Mataram. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 53–70. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.50