PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng Jombang)
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari banyaknya fenomena kekerasan remaja di sekolah yang disebabkan oleh kekerasan dalam rumah tangga, pergaulan bebas, minum-minuman keras, mengkonsumsi narkotika, hal itu sangat mempengaruhi psikologis dan pola pikir remaja sehingga sering terjadinya tawuran antar pelajar sekolah dikarenakan kurang dan keringnya penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga dan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Fenomenologis yang berusaha memahami peristiwa yang telah terjadi, dan berusaha bisa masuk kedalam dunia konseptual subjeknya agar dapat memahami bagaimana dan apa makna yang disusun subjeknya dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, peneliti berusaha memahami subjek dari sudut pandang subjek itu sendiri, dengan tidak mengabaikan penafsiran dengan membuat skema konseptual. Jenis penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif grounded (penelitian lapangan). Penelitian kualitatif grounded adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang perilakunya dapat diamati. Pemilihan jenis penelitian ini adalah karena bertujuan untuk mengetahui gambaran yang utuh tentang pembentukkan akhlakul karimah siswa SMK Sultan Agung 1 Tebuireng melalui pendidikan agama Islam (PAI).
Hasil penelitian dalam upaya pembentukan akhlakul karimah yang di terapkan di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng mengenai upaya pembentukkan akhlakul karimah, melalui pendidikan agama Islam yakni, dengan menambahkan pendidikan agama Islam tambahan disamping pendidikan kurikulum diantaranya, antara lain : pendidikan ibadah, sholat dhuha berjama’ah, istighosah, BTQ (Baca Tulis Al-qur’an), hafalan Surat Yasin dan Tahlil, hafalan surat surat pendek, Budaya 5 S dan Panca Jiwa. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan akhlakul karimah yang diberlakukan di SMK Sultan Agung 1 antara lain : Buku-buku akhlak baik dari buku LKS dan
disertai bimbingan guru PAI, Keinginan siswa untuk menjadi sukses, Keinginan orang tua siswa agar ia menjadi orang yang baik dan, Guru menginginkan agar siswa disiplin dengan waktu dan bertanggung jawab serta jujur dalam sikap dan ucapan. Sedangkan faktor penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah yang diberlakukan di SMK Sultan Agung 1 antara lain : Keterbatasan sebagian siswa dalam memahami materi agama, Pengaruh lingkungan masyarakat yang majemuk, Kurangnya kemauan (himmah) yang tinggi dalam menggapai cita-cita dan, Siswa belum menemukan jati dirinya sebagai seoarang pelajar.
References
Jabir, Abu Bakr. 2011. Eksiklopedi Muslim Minhajul Muslim. Cet-17.
Bekasi: Darul Falah.
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitaif. Bandung: PT. Rremaja Rosda.
Nurul Zuriah. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yatimin Abdullah. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al Qur’an.
Jakarta: Amzah
Wawancara dengan Bpk. Rofi’udin (Waka Kurikulum), tgl 24-5-2014. Wawancara dengan Bpk. Siswono (Kepala Sekolah) tgl 24-5-2014.
Wawancara dengan Bpk. Syamsul (Wakasis) dan sekaligus guru PAI tgl 24-5-2014