PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN

  • WAHID KHOIRUL ANAM STIT Al Mubarok Bandar Mataram
Keywords: PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembentukan kecerdasan spiritual melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Nurul Huda Banjar Agung Mataram, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan peserta didik mampu menyadari siapa dirinya dan bagaimana mereka memberi makna terhadap kehidupannya, menambah kepercayaan dirinya, menjadikannya pribadi bertanggung jawab, serta membentuk karakter.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang Lokasi penelitianya bertempat di MTs Nurul Huda Banjar Agung Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Upaya Pembentukan Kecerdasan spiritual di MTs Nurul Huda Banjar Agung Mataram melalui tiga bentuk diantaranya, pencerahan spiritual, pembiasaan, dan keteladanan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs Nurul Huda Banjar Agung Mataram sebagai upaya untuk membentuk kecerdasan spiritual keagamaan siswa yaitu dengan melaksanakan program kegiatan baca tulis Al-qur’an, pembacaan Shalawat nabi, Pesantren kilat dan Pelaksanaan shalat Dhuha dan Sholat Dhuhur berjamaah.

 

References

Abdullah Syukur, Kumpulan Makalah “Study Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya Dalam Pembangunan”, Persadi, Ujung Pandang,
Agus Effendi, Revolusi Kecerdasan Abad 21, (Bandung: Alfabeta, 2005)
Akhmad Muhaimin Azzet, Mengembangkan Kecerdsan Spiritual Bagi Anak (Cet 1;Yogyakarta: Katahati, 2010)
Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual
Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian (Bandung : Pustaka Setia, tt)
Danah Zohar dan Ian Marshall, Spiritual Intelegence, The Ultimate Intelegence (Bloomsbury, 2000)
Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran” (Cet. II; Yogyakarta: Gava Media, 2013)
Dj pam’an Satori dan Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif (Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2011)
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (Cet.IV; Jakarta: Rajawali Pers,2014)
Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cet. V; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi (Cet.XXXII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)
Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta, PT Prestasi Pustakaraya, 2012)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktif (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Sukmaninata, Metode Penelitian Pendidikan(Bandung: Rosdakarya, 2006), h. 72. 3 Sugiono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D,
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional (Jakarta: BP. Cipta Jaya, 2003)
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Zohar dan Marshall, Kecerdasan Spiritual (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007)
Published
2021-06-22
How to Cite
ANAM, W. (2021). PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 001-015. https://doi.org/10.58577/dimar.v2i2.45