Peran Orang Tua Membina Mental Anak Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Rahmat Rifai Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan
  • Fauziah Yulita

Keywords:

Orang tua, Pembinaan Ment, Pembelajaran Daring

Abstract

Pembelajaran daring yang diterapkan saat ini menuntut orang tua sebagai pengganti guru di rumah, namun kenyataan menunjukkan bahwa orang tua mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas tersebut terutama dalam hal membina mental anak. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui peran orang tua dalam membina mental anak saat pembelajaran Daring di SDN 057237 Desa Bukit Selamat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus yang menghasilkan gambaran serta penjelasan yang objektif tentang peran orang tua dalam pendampingan mental anak saat pembelajaran daring di SDN 057237 Desa Bukit Selamat. Pengumpulan data  melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilalui dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa cara yang dilakukan untuk membina mental anak yakni (1) menyiapkan keperluan anak seperti smart phone, kuota internet. (2)mendampingi anak dalam memahami materi pelajaran dan memberikan reward untuk memotivasinya. (3) membina mental anak untuk tidak tertekan perasannya menghadapi pembelajaran daring.

References

Assingkily, Muhammad Shaleh & Masganti Sit., "Fenomena 'Anak Badut' di Kota Medan" Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 05, no. 4 (2020). http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3472.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati, "Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar" Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 02, no. 02, (2019). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari uteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 123–40.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. “Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi 04, no. 1 (2020): 152–59.

Chairinniza, Graha. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Ke-1 2007. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2007.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Kuswanto Heru. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (2020): 65–70.

Iftitah, Selfi Lailiyatul, and Mardiyana Faridhatul Anawaty. “Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” JCE (Journal of Childhood Education) 4, no. 2 (2020): 71–81.

Lilawati, Agustin. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Lubis, Rahmat Rifai, et.al., "Pembelajaran Al-Qur'an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara" Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 04, no. 02 (2020). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/275.

Lubis, Rahmat Rifai, Muhammad Ramli, Juhriah Siregar, and Ratna Wati Panjaitan. “Analisis Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Keefektifan Belajar Selama Pembelajaran Jarak Jauh.” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 14, no. 1 (May 3, 2021). https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.37.

Luthfi, Eva, and Fakhru Ahsani. “Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Al-Athfal 3, no. 1 (2020).

Marlina Eliyanti Simbolon. Tuturan Dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Metode Reciprocal Teaching. Edited by Lutfiah. 1st ed. Surabaya: Media Sahabat Cendikia, 2019.

Murdoko, E Widijo. Parenting with Leadership. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Pramana, Ida Bagus Benny Surya Adi, Pande Putu Agus Santoso, and I Koman Wisnu Budi WIijaya. Adaptasi Di Masa Pandemi: Kajian Multidisipliner. Edited by Putu Sabda Jayendra. I. Bali: UNESCO, 2020.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar” 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015): 15–32.

Setiawan, Bukik. Anak Bukan Kertas Kosong. Ke 1. Jakarta: PandaMedia, 2015.

Syarifudin, Albitar Septian. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 5, no. 1 (2020): 31–34.

Yanni, Avi, et.al. "Analisis Kemampuan Intelektual Anak Tunagrahita Ringan di SD Negeri Demakijo 2" Jurnal Pendidikan, 21, no. 01 (2020). http://www.jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/843.

Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, and Mustakim Mustakim. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1138–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Rahmat Rifai Lubis, & Fauziah Yulita. (2021). Peran Orang Tua Membina Mental Anak Selama Pembelajaran Daring. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101–113. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/42

Most read articles by the same author(s)