Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar

Authors

  • Wahid Khoirul Anam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah AL Mubarok Bandar Mataram

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa Madrasah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah Siswa Madrasah Aliyah Al- Mubarok Uman Agung jumlah sampel 80 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar, dimana rxy = 0,555; p = 0,000 ( p < 0,050 ). Hasil penelitian menunjukkan siswa Madrasah Aliyah Al-Mubarok Uman Agung memiliki kecerdasan emosional yang tergolong tinggi, sebab nilai rata-rata empirik 97,354 selisihnya dengan nilai rata-rata hipotetik 77,5 melebihi bilangan SD atau SB sebesar 8,184, sedangkan motivasi belajar siswa tergolong tinggi sebab nilai rata-rata empiric 135,658  selisihnya  dengan  nilai rata-rata  hipotetik  110  melebihi bilangan SD atau SB sebesar 11,613.

References

Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Arikunto, S.1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Goleman, D. 2002. Kecerdasan Emosional: Mengapa Emosional lebih tinggi Dari IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka

Hastuti, Wiwik Dwi, dkk, Perkembangan Peserta Didik, Surabaya: LAPIS- PGMI, 2008

Melia, E. 2010. Hubungan antara konformitas dengan motivasi belajar SMP Istiqlal Deli Tua. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Medan Area.

Mustaqim & Wahab, A. 2003. Psikologi Pendidikan. Semarang: PT. Rineka Cipta.

Santrock, John W., Perkembangan Anak, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007, hal. 6-7. Fatimah, Enung, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: Pustaka Setia, 2006

Sardiman. 2005. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sunar P., Dwi, Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, dan SQ, Jogjakarta: Flash Books, 2010

Surya, H. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yusuf LN, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Wahid Khoirul Anam. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 094–108. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/32